Timbangan Indonesia

Timbangan Menggunakan Massa Pembanding

Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda, timbangan atau neraca juga turut dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik atau Digital.

Salah satu contoh timbangan yaitu neraca pegas (dinamometer). Neraca pegas merupakan timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa benda yang diukurnya. Neraca pegas (seperti timbangan badan) mengukur berat, defleksi pegasnya ditampilkan dalam skala massa (label angkanya sudah dibagi gravitasi).

Neraca/timbangan dengan bandul pemberat (seperti yang terdapat di pasar ikan/sayur) menimbang massa. Biasanya menggunakan massa pembanding yang lebih kecil dengan lever (tuas) yg panjang. Mengikuti hukum tuas (persamaan momen).Neraca pegas menunjukkan angka yang berbeda di bumi dan bulan, atau di daerah yg gravitasinya berbeda. Timbangan bandul menunjukkan angka yg sama di mana pun, asal masih ada gravitasi untuk menggerakkan timbangan.
Timbangan dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori berdasarkan klasifikasinya. Jika dilihat dari cara kerjanya, jenis timbangan dapat dibedakan atas :

www.timbanganindonesia.com

Exit mobile version