Pembagian 200 Timbangan Disperindag Pekanbaru

author
1 minute, 29 seconds Read

Pembagian timbangan pegas sejumlah 200 unit oleh Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kota Pekanbaru yang diberikan kepada Usaha Kecil Mikro (UKM) di wilayah tersebut. Maksud dari pembagian timbangan ini bertujuan untuk membantu para pedagang agar dapat berjualan dengan menggunakan timbangan yang legal.

Kasi Usaha Perdagangan dan Meteorolog Disperindag Kote Pekanbaru, Riau, Mega Miko menuturkan “Timbangan itu secara bertahap dibagikan hanya untuk UKM karena selama ini mereka menggunakan timbangan plastik yang dilarang menurut Undang – Undang untuk bertransaksi perdagangan.” Rabu kemarin.

Miko juga berpendapat bahwa pengadaan timbangan pegas itu cukup dilakukan di Pekanbaru sedangkan untuk pendistribusiannya nanti akan bekerjasama dengan Dinas Pasar Kota Pekanbaru. Dinas terkait juga telah melakukan pendataan untuk daftar pedagang yang berhak mendapatkan timbangan pegas terutama yang memiliki KTP Pekanbaru.

“Selain memiliki KTP Kota Pekanbaru, yang berhak memperoleh timbangan pegas itu adalah UKM sedangkan untuk pedagang besar lainnya diharapkan menyesuaikan timbangan pegas dengan membeli sendiri.” katanya

Harga timbangan untuk satu unit timbangan pegas dapat mencapai Rp250 ribu per unit sedangkan timbangan plastic dipatok dengan harga Rp30-45 ribu per unit. Tentunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga timbangan pegas, timbangan plastik paling mudah dibeli oleh pedagang UKM.

Untuk pendataan sejumlah pedagang yang masih menggunakan timbangan plastik tersebar pada pasar besar dan pasar tradisional di 12 kecamatan di wilayah Pekanbaru, Riau.

“Jika segala sesuatu persiapannya sudah matang maka timbangan pegas yang bakal dibagikan gratis itu direncanakan pada Agustus-September 2013 masing-masing 100 unit untuk UKM di Kecamatan Sail dan 100 unit lainnya untuk Kecamatan Rumbai,” katanya.

Selain timbangan pegas, timbangan yang paling mudah dan harga yang bersaing adalah timbangan counting ( hitung ) dan timbangan gantung dengan sistem digital. Angka yang terlihat di display digital pada timbangan menunjukkan keakurasian tinggi sehingga dapat mengurangi kerugian pedagang dan pembeli. Pengoperasian mudah dan tahan lama merupakan kelebihan lainnya untuk menggunakan timbangan digital

dikutip : pekanbaru go id dan indonetwork

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X