mengenal berbagai jenis timbangan gantung beserta fungsinya

author
2 minutes, 42 seconds Read

timbanganindonesia.com –  Sudah mengenal Jenis – jenis  dan fungsi Timbangan Gantung ? Timbangan gantung atau crane scale adalah timbangan dengan teknologi digital dan analog yang di lengkapi dengan pengait ( pengait kelas F1 yang sudah standar untuk alat berat/heavy equipment ).

Cara kerja timbangan gantung ini lebih sederhana daripada timbangan lainnya, hanya memerlukan LoadCell S dan Hook sudah bisa mengubah data dari analog menjadi data digital yang terbaca melalui display atau indikator sebagai hasil penimbangan.

Timbangan gantung atau crane scale bisa mencapai kapasitas 100 ton sesuai dengan kebutuhan. Bahan baku dari timbangan gantung terbuat dari logam, terutama stainless Steel dan besi solid. Untuk Timbangan gantung digital dilengkapi sistem recharger yang dapat bertahan hingga 50 jam pemakaian.

Fungsi timbangan gantung sedikit berbeda dengan timbangan lainnya, timbangan gantung berfungsi sebagai alat pengukur benda dengan cara digantungkan pada bagian pengaitnya, kemudian benda yang akan ditimbang akan terangkat dengan menggunakan hoist crane (jenis pesawat angkat dipakai sebagai alat pengangkat) atau yang diketahui juga sebagai kerekan Jika Beban tidak bisa di angkat oleh manusia.

Adapun jenis-jenis timbangan gantung adalah sebagai berikut :

 

  1. Timbangan Gantung Jarum

 

Timbangan gantung jarum termasuk dalam timbangan analog, di mana sistem penimbangan mengandalkan pegas dan display hasil penimbangan berupa jarum yang akan menunjuk ke angka massa barang yang ditimbang.

 

Timbangan gantung jarum memilki kapasitas antara 25kg hingga 150kg. Timbangan jarum sering kita jumpai dalam kegiatan penimbangan beberapa pasar tradisional, pelelangan ikan, Peternakan dan lain sebagainya.

 

  1. Timbangan Gantung Dacin

 

Timbangan dacin juga termasuk dalam kelompok timbangan gantung analog. Timbangan dacin merupakan timbangan yang sangat sederhana yang terdiri dari 2 lengan yang berlainan panjangnya di mana pada lengan yang pendek dikaitkan dengan benda yang akan di timbang dan pada lengan yang panjang dapat digerakkan bandulan melalui garis ukuran berat dan pada saat keadaan 2 lengan seimbang garis ukuran tempat bandulan berhenti adalah penunjuk berat benda yang ditimbang.

 

Timbangan dacin saat ini sudah jarang sekali ditemui dalam kegiatan penimbangan sehari-hari.

 

  1. 3.       Timbangan Gantung Digital

 

Timbangan gantung digital termasuk dalam kategori timbangan digital yang mana display atau penunjuk hasil timbang berupa angka digital yang dapat dilihat secara otomatis pada display indikator. Display indikator pada timbangan juga ada yang terdapat langsung pada unit timbangan dan ada juga yang dengan sistem wireless di mana display indikator terpisah dari unit timbangan.

 

Timbangan gantung digital memiliki kapasitas berkisar antara 30 kg sampai dengan 15 ton bahkan ada yang berkisar antara 20 ton hingga 100 ton (khusus untuk timbangan gantung wireless). Timbangan gantung digital sering kita jumpai pada beberapa sektor industri tingkat menengah hingga tingkat atas. Dikarenakan sistem penimbangan yang sangat praktis dan hasil timbang dapat dihasilkan dengan cepat dan akurat berbeda halnya dengan timbangan dacin atau timbangan jarum yang menggunakan sistem Analog.

 

 

  1. Timbangan Gantung Mini ( Portable )

Timbangan gantung mini adalah timbangan dengan sistem digital yang memiliki ukuran kecil sehingga dapat dengan mudah dibawa atau dipindahkan (portabel). Timbangan gantung mini dapat membantu kita dalam segala jenis kegiatan timbang yang memiliki mobilitas tinggi dengan kapasitas maksimal 50kg. Misalnya untuk menimbang bagasi atau koper dan lain sebagainya.

 

Dengan timbangan gantung digital maupun analogi ini memang lebih mudah dan praktis, pekerjaan akan lebih cepat dalam proses pengukuran.

 

Kami menjual timbangan gantung atau crane scale yang berkualitas dengan harga terjangkau. Dapatkan segera timbangan gantung dengan menghubungi :

 

GSM Celuller : 0816 1740 889 (Tami)

Whatsapp : 0821 1470 6170

Email : Sales@timbanganindonesia.com

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X