Daftar Jenis Timbangan Gantung/Crane Scale Terbaik dan Penjelasannya

author
2 minutes, 19 seconds Read

Apakah anda sudah familiar dengan jenis dan fungsi timbangan gantung? Timbangan gantung atau crane scale adalah timbangan dengan teknologi digital dan analog dengan pengait (pengait standar F1 untuk alat berat).

Cara kerja timbangan gantung ini lebih sederhana dibandingkan timbangan lainnya, hanya dibutuhkan LoadCell S dan Hook kini sudah bisa mengubah data dari data analog menjadi data digital yang bisa dibaca di display atau indikator hasil penimbangan.

Timbangan gantung atau crane scale bisa mencapai kapasitas 100 ton sesuai dengan kebutuhan. Bahan baku timbangan gantung terbuat dari logam, terutama baja tahan karat dan besi padat. Timbangan gantung digital memiliki sistem pengisian daya yang tahan hingga 50 jam pemakaian.

Penggunaan timbangan gantung berbeda dengan timbangan lainnya, timbangan gantung berfungsi sebagai alat ukur dengan cara digantungkan pada pengait, kemudian benda yang ditimbang diangkat dengan crane (sejenis dongkrak yang digunakan sebagai alat pengangkat) atau juga sebagai kerekan . Sebuah beban tidak dapat diangkat oleh manusia.

 

Adapun jenis-jenis timbangan gantung adalah sebagai berikut :

1.Timbangan Gantung Jarum

Timbangan gantung jarum dilekatkan pada timbangan analog dimana sistem penimbangan mengandalkan pegas dan menampilkan hasil penimbangan berupa jarum penunjuk berat benda yang ditimbang. Timbangan yang tergantung pada jarum memiliki kapasitas beban dari 25 kg hingga 150 kg. Timbangan gantung jarum sering kita jumpai di banyak pasar tradisional, pelelangan ikan, dan lainnya.

2.Timbangan Gantung Dacin

Timbangan gantung dacin juga termasuk dalam timbangan gantung analog yang serupa. Timbangan gantung dacin adalah wavelet yang sangat sederhana yang terdiri dari 2 lengan dengan panjang yang berbeda, di mana lengan pendek melekat pada benda yang ditimbang dan lengan panjang dapat menggerakkan bandul sepanjang garis ukur. Jika kedua lengan seimbang dan garis ukuran tempat bandulan berhenti adalah penunjuk berat benda yang ditimbang.

3.Timbangan Gantung Digital

Timbangan gantung digital termasuk dalam kategori timbangan digital, dimana tampilan atau indikator menampilkan hasil berupa angka-angka digital yang secara otomatis terlihat pada tampilan indikator. Ada juga tampilan indikator timbangan langsung di unit timbangan, dan ada juga sistem nirkabel dimana tampilan indikatornya berbeda dengan unit timbangan.

Timbangan gantung digital memiliki kapasitas mulai dari 30 kg hingga 15 ton dan beberapa dari 20 ton hingga 100 ton (terutama timbangan gantung wireless). Timbangan gantung digital sering kita jumpai di beberapa sektor dari industri tingkat menengah hingga tinggi. Karena sistem penimbangannya sangat praktis dan hasil penimbangannya bisa cepat dan akurat, berbeda dengan timbangan Dacin atau timbangan jarum yang menggunakan sistem analog.

4.Timbangan Gantung Mini (Portable)

Timbangan gantung mini adalah timbangan dengan sistem digital yang ukurannya kecil agar mudah dibawa atau dipindahkan (portable). Timbangan gantung mini membantu kami dalam segala jenis penimbangan dengan mobilitas tinggi dengan kapasitas maksimal 50 kg. Misalnya untuk menimbang barang bawaan atau koper dan sejenisnya.

Dengan timbangan digital dan analog lebih mudah dan praktis, pengerjaan bisa lebih cepat dalam proses pengukurannya. Kami menjual timbangan gantung atau timbangan crane berkualitas dengan harga yang menguntungkan.

Dapatkan segera timbangan gantung dengan menghubungi:

GSM Celuller : 0816 1740 889 (Tami)

Whatsapp : 0821 1470 6170

Email : Sales@timbanganindonesia.com

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X