Seberapa Penting Kalibrasi Timbangan?

author
0 minutes, 44 seconds Read

Timbangan Indonesia-Kalibrasi Timbangan adalah sebuah pekerjaan untuk mengukur keakuratan dari sebuah timbangan. Dengan melakukan pengetesan dengan anak timbangan atau biasa disebut dengan AT. Dari hasil pengetesan tersebut bisa kita ketahui masih akurat atau tidaknya sebuah timbangan.

Dengan kata lain, Kalibrasi Timbangan adalah yang sangat peting dillakukan baik sebelum atau pengecekan berkala pada timbangan. Kalibrasi Timbangan tidak boleh dilakukan secara asal, apalagi dilakukan oleh orang yang  belum pernah melakukan kalibrasi.

Tentu saja hal tersebut merupakan kesalahan yang fatal, karena dapat menyebabkan malfungsi pada timbangan yang seharusnya tidak terjadi.

Karena itu, kalibrasi harus dilakukan oleh orang yang mengerti tentang kalibrasi, telah berpengalaman dibidangnya. Persyaratan latar belakang pendidikan atau persyaratan fisik (tidak boleh buta warna), untuk menghindari kesalahan pengambilan data ukur.

Biasanya dilakukan juga pengkondisian lingkungan sebelum kalibrasi untuk peralatan yang mudah berubah akibat pengaruh sehu, kelembaban, getaran, cahaya, dan hal lainnya. Tapi tidak selalu juga kalibrasi dilakukan dengan kondisi yang ketat.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X