Bagini Cara Membedakan Emas Asli Dengan Palsu

author
1 minute, 43 seconds Read

timbanganindonesia.com – Pada umumnya emas murni biasanya dihitung dalam ukuran karat. Emas murni asli memiliki kandnugan 24 karat. Tetapi, masih terdapat emas murni lainnya yang memiliki kandungan berbeda, seperti dengan ukuran 22 karat. Berikut kandungan emas yang ditetapkan oleh SNI :

– Emas 24 karat kandungan emas murni sebesar 99 – 99.99%

– Emas 23 karat kandungan emas murni sebesar 94.79 – 94.80%

– Emas 22 karat kandungan emas murni sebesar 90.60 – 94.79%

– Emas 21 karat kandungan emas murni sebesar 86.50 – 90.50%

– Emas 20 karat kandungan emas murni sebesar 82.30 – 86.49%

– Emas 19 karat kandungan emas murni sebesar 78.20 – 82.29%

– Emas 18 karat kandungan emas murni sebesar 75.40 – 78.19%

 

Berikut cara mengenali emas asli atau palsu :

-Identifikasi Warna

Cara termudah salah satunya dengan memperhatikan warna. Dengan cara menggosokan bagian jari kamu dengan badan emas. Jika warna tidak mengalami perubahan maka emas itu dipastikan asli, dan kalau berubah maka emas itu palsu.

 

-Gunakan Alat Tambahan Seperti Magnet

Magnet merupakan satu alat tambahan yang bisa digunakan untuk mengukur, apakah emas asli atau palsu. Mendekatkan magnet dengan emas dan hasilnya tidak menempel, maka dipastikan emas tersebut palsu. Sebaliknya, jika hasilnya mmenempel maka emas itu asli.

 

-Digigit

Dengan menggigit emas, jika terasa lebih lunak atau lembek maka emas itu asli. Jika tidak, maka emas tersebut palu. Ini merupakan cara termudah yang bisa dicoba.

 

-Menggunakan Nitric Acid (Uji Asam)

Caranya dengan meneteskan asam nitrat dan jika terjadi perubahan warna maka dipastikan emas itu adalah asli. Cara ini harus dilakukan oleh seorang profesional, jika tidak akan berujung kerusakan emas dan merugikan dari sendiri.

 

-Uji Dengan Keramik atau Kertas

Jika digoreskan dengan keramik atau kertas terdapat warna hitam, maka emas tersebut palsu. Jika tidak meniggalkan goresan maka emas itu dipastikan asli.

 

-Gunakan Alat Pengukur Emas

Sudah banyak toko emas yang dilengkapi alat khusus yang memang dipersiapkan untuk mengukur dan menentukan emas asli atau palsu.

 

-Rasakan Berat Emas

Jika emas tersebut memiliki berat yang terasa ringan, maka bisa dikatakan emas tersebut palsu. Sebaliknya, jika berat maka dipastikan emas tersebut asli.

 

Kami menjual timbangan emas yang berkualitas dengan harga termurah untuk mengukur kadar emas. Dapatka segera timbangan emas dengan menghubungi :

Local Phone : 021 8690 6777

Whatsapp : 0821 1470 6170

Email : sales@timbanganindonesia.com

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X