Memahami Arti Kalibrasi Dan Fungsinya Pada Timbangan

author
1 minute, 12 seconds Read

timbanganindonesia-Sebagian dari Kita mungkin belum mengetahui apa itu kalibrasi dan apa fungsinya melakukan kalibrasi pada timbangan?, Karena itu Kami akan menjelaskan definisi dari kalibrasi dan bagaimana kalibrasi pada timbangan dilakukan.

Definisi Kalibrasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kalibrasi adalah tanda-tanda yang menyatakan pembagian skala. Atau bisa diartikan, Kalibrasi adalah proses pemeriksaan dan penyesuaian ketelitian suatu alat ukur dengan cara membandingkannya dengan suatu nilai standar/patokan. Kalibrasi diperlukan untuk menjamin keakuratan hasil pengukuran dan kesesuaian dengan instrumen lain.

Sehingga Kalibrasi penting dilakukan pada instrumen alat ukur yang lain, karena hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan atau sistem yang digunakan mampu memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Dengan cara ini, perangkat atau sistem dapat digunakan dengan aman dan efisien serta memenuhi persyaratan yang ditentukan.

 

Kalibrasi Pada Timbangan

Kalibrasi juga dilakukan pada alat ukur seperti timbangan, Kalibrasi dilakukan dengan menggunakan batu/anak timbangan. Dengan begitu Anda dapat menggunakan hasil tes untuk memeriksa apakah timbangan masih akurat atau tidak.

Dengan kata lain, melakukan kalibrasi timbangan sangatlah penting, baik sebelum melakukan pengecekan timbangan maupun secara berkala. Kalibrasi timbangan tidak boleh dilakukan sembarangan, apalagi oleh orang yang belum pernah melakukan kalibrasi. Hal ini tentu saja merupakan kesalahan yang fatal karena dapat menyebabkan kegagalan besar yang tidak seharusnya terjadi.

 

Kapan kalibrasi harus dilakukan

Kalibrasi dapat dilakukan saat kondisi berikut ini:

  • Perangkat alat ukur baru
  • Saat pengecekan berkala
  • Ketika suatu perangkat mengalami gangguan atau kerusakan yang berpotensi mengubah kalibrasi

Ketika hasil pengamatan dipertanyakan

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X